Pentingnya Pendidikan Ilmu Agama Islam Pada Anak Di Era Modern

Pentingnya Pendidikan Ilmu Agama Islam Pada Anak Di Era Modern


"Sore kemarin saya melihat berita di tv swasta tentang pembunuhan orang tua oleh anak, jadi mengingatkan berita kemarin-kemarin tentang pemukulan murid kepada seorang guru.

Wow ada apa dengan manusia? "

Di era modern sekarang ini, pola pikir anak telah berubah. Tidak seperti dulu, yang sangat menghormati orang tua. Bahkan anak-anak pada jaman dulu untuk nama orang tua mereka pun tidak tahu, dikarenakan sangat menghormati orang tuanya.

Permasalahannya disini, dengan melirik adab dan akhlak, adalah kurangnya ilmu agama. Kenapa saya berbicara seperti itu?

Karena saya masih belum mendengar adanya guru ngaji yang dipukuli oleh anak didiknya,. Inilah permasalahan yang sebenarnya.

Perlu diketahui bahwa mendidik anak itu bukan sekedar kita memberi sandang pangan. Akan tetapi lebih dari itu, kita harus kiat mendidik masalah agama kepada anak. Agar si anak bisa memilih mana yang haq dan batil.

Tak banyak orang tua yang berpikir demikian, dalam bukti lapang orang tua hanya cenderung memikirkan pekerjaan buat si anak di masa mendatang. Sehingga ilmu agama di terbelakangkan. Contoh kasus mereka berlomba-lomba menyekolahkan anak sampai keluar negeri, tapi bukti pas mereka dewasa terjerat kasus narkoba dan pergaulan bebas.

Menyikapi tentang itu, saya bukan fanatik pada sekolah dikarenakan saya hanya seorang pelajar pondok pesantren. Melainkan saya terketuk untuk berdakwah lewat tulisan ini, karena sebagaimana imam al ghazali berkata

العلم علمان
Ilmu itu ada dua, ada ilmu umum dan ilmu syar'i.  Kedua ilmu itu harus kita pelajari, baik ilmu tentang menghitung atau ilmu tentang sholat, karena keduanya berdampingan dunia dan akhirat, supaya bisa selamat sekarang dan di hari nanti.

Maka mendidik anak di masa kecil itu lebih terjaga daripada sesudah dewasa. Maka dari itu yang pertama kita ajarkan kepada anak di bawah 7 tahun ialah tentang, siapa tuhannya,  siapa nabinya, dan apa agamanya. Agar si anak benar-benar memahami apa yang harus dilakukan sebagai manusia.

Aqidah adalah awal mereka belajar, maka ajarkanlah pada anak-anak kita. Atau mana mungkin kita mengajarkan ilmu agama sedangkan kita juga tidak tahu, maka solusi seperti itu adalah membawa anak kita supaya belajar kepada ustadz atau guru ngaji di tempat kita.

Itu hanya sekedar mengingatkan pada orang tua sebelum semuanya terlambat. Untuk masalah hidayah dan taufiq kita pasrahkan semuanya kepada alloh SWT. Semoga tulisan ini memberi manfaat dan bahkan bisa menyadarkan kita tentang pentingnya pendidikan agama kepada anak. (Amin)


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts