Halaman

    Social Items

Pembahasan Tentang Iman Kepada Allah SWT


Assalamualaikum sahabat...

Sahabat yang seagama dan seiman, dalam beragaman kita di tuntut untuk mempelajari ilmu agama sedalam-dalamnya sampai kita meninggal nanti, tapi bukan berarti kita harus memaksakan mempelajari ilmu yang masih awam bagi kita, akan tetapi dalam dalam belajar agama ada tatacara mana yang harus didahului dalam mempelajarinya, seperti diterangkan dalam kitab ta'lim muta'alim, awal mula belajar agama adalah ilmu tentang ketuhanan atau ilmu tauhid. Dengan demikian kita akan belajar membahas tentang keimanan, yang terutama tentang iman kepada Allah Swt.


Apakah arti iman kepada Allah Swt ?

Iman kepada Allah Swt adalah; menekadkan / menyakini dan membenarkan bahwa Allah Swt ialah zat yang menciptakan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi, dan seluruh perkara yang ada di langit dan bumi. Begitu pula Allah adalah zat yang maha tunggal tidak ada sekutu baginya. yang mempunyai sifat wajib dan jaiz, dan di jauhkan serta di bersihkan dari sifat-sifat mustahil dan kekurangan.

Dab sifat yang wajib di Allah ada 20 sifat, yang mustahil 20 sifat, yaitu sifat yang berlawanan dari sifat wajib. dan yang jaiz itu ada satu, yaitu hak bagi Allah Swt menciptakan atau tidak menciptakannya makhluk. Jadi jumlahnya 41 sifat, yang di sebut عقائد الهية yang artinya pertekadan kepada Allah Swt.

Sahabat untuk menjadi muslim maka wajib bagi kita mempraktekan semua yang tertera di atas tadi. maka dari itu kita harus senantiasa belajar agama terus menerus, baik di waktu muda atau pun tua. tapi ketahui sahabat seleruh artikel di dalam situs ini hanya sekedar membeberkan sedikit dari beberapa pembahasan yang ada, maka dari pada itu saya lebih menekankan pada sahabat semua untuk baiknya, sambil belajar lewat internet harus belajar langsung kepada seorang ustad atau kyai di tempat sahabat tinggal, supaya tidak menjadi salah faham atau gagal faham.

Tapi walau pun demikian semoga artikel ini memberi manfaat bagi sahabat dan bagi saya, untuk pembahasan sifat-sifat Allah insya allah, kita bahas di artikel selanjutnya, Terima kasih dan Wassalamualaikum wr.wb
   
Baca Juga
Load Comments